BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian
pajak, hukum pajak, tugas, dan fungsinya.
1. Pengertian pajak, menurut Rochmat Soemitro
Pajak adalah perikatan yang timbul karena
undang-undang yang mewajibkan seseorang yang memenuhi syarat yang ditentukan
undang-undang untuk membayar sejumlah uang yang dapat dipaksakan tanpa mendapat
imbalan yang secara langsung dapat ditunjuk yang digunakan untuk membiayai
pengeluaran-pengeluran negara dan berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan
tertentu diluar keuangan negara.
Hukum pajak adalah keseluruhan peraturan yang
memberi wewenang kepada pemerintah untuk mengambil kekayaan seseorang atau
badan dan menyerahkannya kembali kepada masyarakat melalui kas negara.
2. Tugas hukum pajak
a) Menelaah
keadaan-keadaan dalam masyarakat yang dapat dihubungkan dengan pengenaan pajak.
b) Merumuskan
kondisi tersebut dalam aturan-aturan hukum dan menafsirkan aturan-aturan
tersebut.
c) Memperhatikan
latar belakang ekonomis dari keadaan atau kondisi tersebut diatas.
3. Fungsi pajak
a) Fungsi
butgeter
b) Pajak
dijadikan alat untuk memasukkan uang sebanyak-banyaknya kedalam kas negara yang
pada gilirannya digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara.
c) Fungsi
mengatur
d) Pajak
dijadikan alat untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu diluar bidang keuangan.
e) Fungsi
pemerataan
f) Hasil
yang diperoleh dari pajak digunakan untuk kepentingan bersama, termasuk juga
untuk kepentingan rakyat yang tidak membayar pajak
g) Fungsi
distribusi pendapatan
h) Yang
dipungut oleh pemda yang masuk ke kas daerah untuk keperluan daerah.
B. Hukum pajak termasuk hukum publik
Hukum pajak adalah sebagian dari hukum
publik, dan ini adalah bagian dari tata tertib hukum yang mengatur hubungan
antara penguasa dan warga negaranya. Yang termasuk dalam hukum publik adalah :
hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum pidana. Sedangkan hukum
pajak merupakan anak bagian dari hukum administrasi, namun ada yang mengendaki
(antara lain Prof Adriani) agar supaya kepada hukum pajak diberikan tempat
tersendiri disamping hukum administratif (otonomi hukum pajak) karena hukum
pajak juga mempunyai tugas yang bersifat lain adripada hukum administrasi pada
umumnya, yaitu hukum pajak juga dipergunakan sebagai alat untuk menentukan
politik perekonomian. Lagipula hukum pajak pada umunya mempunyai tata tertib
dan istilah-istilah tersendiri untuk lapangan pekerjaannya.
Nama otonomi hukum pajak umumnya dirasakan
kurang tepat karena seolah-olah menyatakan bahwa hukum pajak berdiri terlepas
dari bagian-bagian hukum selebihnya. Padahal tidak demikian adanya; seribu satu
hubungan dapat kita lihat antara hukum pajak dengan hukum administratif
selebihnya, dengan hukum perdata dan hukum pidana. Uraiannya sebagai berikut;
1.
Hubungan hukum pajak dengan hukum pidana
a. Hubungan
hukum pajak dengan hukum pidana termasuk dalam lapangan hukum publik.
b. Sanksi-sanksi
dalam pidana diterapkan jug dalam hukum pajak.
c. Ancaman-ancaman
hukum pidana dalam hukum pajak selalu mengacu kepada ketentuan hukum pidana.
Contohnya pasal 231 KUHP.
2.
Hubungan hukum pajak dengan hukum perdata
a) Hukum
pajak banyak menggunakan istilah-istilah yang lazim dipakai dalam hukum perdata
b) Peristiwa-peristiwa,
keadaan, perbuatan dalam hukum perdata menjadi objek pajak dalam hukum pajak
c) Hukum
pajak sebagai “lex specialis” sedangkan hukum perdata sebagai “lex generalis”
BAB
II
Analisis
Kasus
Keterkaitan menteri keuangan terhadap kasus
penggelapan pajak yang dilakukan Paulus Tumewu, Menteri Keuangan memberikan
disposisi melalui penasehat Menkeu bidang reformasi pajak, saudara Marsillam
Simanjuntak. Lalu, dilanjutkan ke Kejaksaan Agung saat dipimpin Abdur Rahman
Saleh saat itu agar diselesaikan secara damai," ujar Sekjen APPI, Sasmito
di hadapan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/4).
Menurut Sasmito, kasus tersebut adalah kasus
macetnya pajak yang bermula dari kekurangan bayar untuk PPH 2004 atas nama
Paulus Tumewu, adik ipar Edi Tanzil, pemilik Ramayana Group.
Ia melanjutkan, penyidikan kasus tersebut
sudah P21. Ketentuan menyatakan yang bersangkutan harus didenda 4 kali dari
Rp7,994 miliar. Namun ternyata Paulus Tumewu tidak membayar 4 kali, melainkan
hanya Rp7,994 miliar. Dan semua selesai.
Penasehat APPI Ichsanudin Noorsy menjelaskan
bahwa Paulus Tumewu mempunyai omset penjualan diduga yang kena pajak sebesar
Rp1,5 triliun. Sehingga beban pajaknya sekitar Rp399 miliar. Namun entah kenapa
hanya Rp7,994 miliar yang menjadi beban pajaknya.
Yang menarik, Kejaksaan menyatakan sudah
dibayar Rp7,999 miliar dan dibayar 4 kali. Artinya tidak cocok dengan omset
pajak. Mana Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang menyatakan dia cukup membayar Rp7,999
miliar.
Ichsanudin melanjutkan, setelah terjadi
pembayaran dari Paulus Tumewu, terjadilah surat menyurat permintaan penghentian
kasus tersebut oleh Paulus sendiri.
Menurut Ichsan, pada 19 Oktober 2006 terdapat
surat dari Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh kepada Menteri Keuangan. Isinya
menanggapi surat Menkeu SR-173/MK./03/06 tertanggal 1/ Oktober 2006 terkait
penghentian penyidikan wajib pajak atas nama Paulus Tumewu.
Surat tersebut menyatakan Jaksa Agung setuju
menghentikan penyidikan kasus pajak Paulus Tumewu atas perintah Menteri
Keuangan. Jaksa Agung, saat itu memberikan beberapa syarat, apabila
penyelesaian sanksi administrasi berupa denda sebesar empat kali jumlah pajak
yang tidak atau kurang dibayar telah dilunasi oleh wajib pajak bersangkutan, hendaknya
dilaporkan ke kejaksaan untuk proses berikutnya.
Artinya, Ichsanudin, menambahkan, sampai 19
Oktober 2006, Jaksa Agung tidak mau menghentikan penyidikan. Keluarlah kemudian
pada 31 Oktober 2006 surat yang disampaikan ke JB Kristiadi atas nama Menteri
Keuangan yang menyatakan Paulus telah melunasi seluruh kewajibannya.
"Dasar Kejaksaan menghentikan kasus
Paulus adalah atas permintaan Menkeu setelah berbagai pembahasan oleh biro
hukum di Perpajakan," imbuh dia.
Dia berharap DPR mau melakukan investigasi
kasus Paulus Tumewu. Dan harus mengejar betul berapa pajak yang bisa dikenakan
ke adik ipar Edi Tansil ini.
Sementara menurut Anggota Komisi III Ahmad
Yani, dewan ingin melihat SKP-nya, agar menjadi jelas. Untuk itu, Komisi
mengaku akan memanggil pihak-pihak terkait kasus pajak Paulus Tumewu. Antara
lain Kejaksaan, Penyidik Benato Priyatno, Mantan Dirjen Pajak Hadi Purnomo dan
Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani dan Marsilam Simanjuntak.
Sebelumnya, kasus pajak Paulus Tumewu senilai
Rp399,4 miliar dengan denda empat kali lipat menjadi Rp1,950 triliun merupakan
modus baru pengemplangan pajak. Modus baru itu dilaporkan Asosiasi Pembayar
Pajak Indonesia (APPI).
Menurut APPI, modus pengemplangan pajak ini
dilakukan pemilik Ramayana Group, Paulus Tumewu itu terjadi pada 2005. Paulus
diduga mengemplang pajak dalam skala besar sekelas ikan kakap (big fish). Namun
atas intervensi Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui Kejaksaan Agung, Tumewu
hanya membayar pajak Rp 7,9 miliar yang dikalikan empat kali lipat denda pajak
menjadi Rp39,5 miliar.
Menurut APPI, intervensi Menkeu Sri Mulyani
itu membuat Tumewu membayar angka kecil sekali dibandingkan denda pajak
sesungguhnya senilai Rp1,950 triliun. Namun menurut Kementrian keuangan, kasus
pajak Tumewu itu merupakan pajak pribadi, bukan pajak Ramayana, dan jumlahnya
hanya sekitar Rp7 milyar.
Nomor:SR-173/MK.03/2006
Hal: Penghentian Penyidikan Wajib Pajak a.n.
Paulus Tumewu
1. Berdasarkan hasil penyidikan yang
dilakukan Direktorat Jenderal Pajak, Paulus Tumewu dikenakan Surat Ketetapan
Pajak (SKP) kekurangan pembiayaan PPh tahun 2004 sebesar Rp 7.994.617.750,00
(tujuh miliar sembilan ratus sembilan puluh empat juta enam ratus tujuh belas
ribu tujuh ratus lima puluh rupiah). Terhadap kekurangan utang pajak tersebut
telah dilunasi padatanggal tanggal 28 november 2005.
2. Penyidikan sebagaimanan dimaksud dalam
butir 1 di atas, sesuai dengan ketentuan Pasal 8 KUHAP ayat (2) dengan ayat (3)
dan pasal 110 KUHAP ayat (1) dan ayat (4), telah dinyatakan lengkap (P-21)
dengam demikian proses penyidikan telah selesai.
3. Berdasarkan Pasal 44B Undang-Undang Nomor
6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah
diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2000 diatur hal-hal sebagai
berikut:
a. Untuk kepentingan penerimaan negara, atas
permintaan Menteri Keuangan, Jaksa Agung dapat menghentikan penyidikan tindakan
pidana di bidang perpajakan (ayat (1)).
b. Penghentian penyidikan sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) hanya dilakukan setelah Wajib Pajak melunasi pajak yang
tidak atau kurang dibayar atau yang tidak seharusnya dikembalikan, ditambah
dengan sanksi administrasi berupa denda sebesar empat kali jumlah pajak yang
tidak atau kurang dibayar, atau yang tidak seharusnya dikembalikan (ayat (2)).
4. Proses penyidikan oleh Departemen Keuangan
saat ini telah selesai, dan yang bersangkutan menyampaikan pernyataan kesediaan
untuk membayar denda sebesar 4 (empat) kali pajak yang tidak atau kurang
dibayar. Agar memberikan dampak positif bagi penerimaan negara, maka menurut
ayat (2) Pasal 44B Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan
Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang
Nomor 16 Tahun 2000 di atas, penghentian penyidikan yang sepenuhnya berada pada
Kejaksaan Agung, hanya dapat dilakukan setelah yang bersangkutan melunasi
pembayaran denda sebesar 4 (empat) kali pajak yang tidak atau kurang dibayar.
Ulasan Kasus Paulus Tumewu
Siapakah Paulus Tumewu?...
Paulus Tumewu adalah Komisaris Utama PT
Ramayana Lestari Sentosa, yang membawahi antara lain Ramayana dan Robinson
Department Store. Ia juga menempati urutan ke-15 dari daftar 40 orang terkaya
di Indonesia pada tahun 2006.
Ada Apa Dengan Paulus Tumewu?
Paulus Tumewu ditangkap oleh POLRI bersama
Ditjen Pajak pada tanggal 31 Agustus 2005. Paulus Tumewu telah melanggar pasal
39 ayat 1b huruf c Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, (yang
isinya, barang siapa dengan sengaja menyampaikan SPT tidak benar dapat
dipidanakan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara, serta denda 4 kali pajak
terutang) dengan sengaja mengecilkan omset yang diterima oleh Ramayana dan
tidak mengisi Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) dengan benar, sehingga merugikan
negara sebesar Rp. 399 milyar.
Pelangaran pelanggaran yang dilakukan oleh
Paulus Tumewu:
1. Tidak melaporkan SPT secara benar
Penjelasan yang tertuang dalam pasal 13 A UU
No.28 tahun 2008 yang menyatakan bahwa: Wajib pajak yang kerana kealpaannya
tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan atau menyampaikan Surat Pemberitahuan,
tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap, atau melampirkan keterangan yang
isinya tidak benar sehingga dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan Negara,
tidak dikenai sanksi pidan apabila kealpaannya tersebut pertam kali dilakukan
oleh wajib pajak dan wajib pajak tersebut wajib melunasi kekurangan pembayaran
jumlah pajak yang terutang beserta sanksi administrasi berupa kenaikan sebesar
200% (dua ratus persen) dari jumlah pajak yang kurang dibayar yang ditetapkan
melalui penerbitan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar.
1. Menolak untuk dilakukan pemeriksaan oleh
Dierjen Pajak
Pasal 39 ayat 1(e) yang berisi: Setiap orang
dengan sengaja menolak untuk dilakukan pemeriksaan sebagaimana dimaksud dalam
pasal 29.
1. Memperlihatkan pembukuan secara palsu
Pasal 39 ayat 1(f) yang berbunyi: Setiap
orang dengan sengaja memperlihatkan pembukuan, pencatatan, atau dokumen lain
yang palsu atau dipalsukan seolah-olah benar atau tidak menggambarkan keadaan
yang sebenarnya.
Sanksi yang dapat menjerat Paulus Tumewu:
1. Sanksi Pasal 39
Dipidana dengan pidana penjara paling singkat
6(enam) bulan dan paling lama 6(enam) tahun dan denda paling sedikit 2(dua)
kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar dan paling banyak
4(empat) kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.
1. Sanksi pasal 41c
Setiap orang yang dengan sengaja tidak
memenuhi kewajiban sebagaimana dimaksud dalam pasal 35A ayat 1 dipidana dengan
pidana kurungan paling lama 1(satu) tahun atau denda paling banyak 1 milyar
rupiah.
Setiap orang yang dengan sengaja menyebabkan
tidak terpenuhinya kewajiban pejabat dan pihak lain sebagaimana dimaksud dalam
pasal 35A ayat 1 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 10 bulan atau
denda paling banyak 800 juta rupiah.
Setiap orang yang dengan sengaja tidak
memberikan data dan informasi yang diminta oleh Direktur Jendral Pajak
sebagaimana dimaksud dalam pasal 35A ayat 2 dipidana dengan pidana kurungan
paling lama 10 bulan atau denda paling banyak 800 juta rupiah.
Kejanggalan-kejanggalan dalam kasus Paulus
Tumewu:
1. Nilai tunggakan pajak Paulus yang semula
Rp. 399 milyar menciut menjadi Rp. 7,99 milyar, padahal belum ada SKP yang
seharusnya dikeluarkan oleh Kantor Pajak Cabang Jakarta.
Pada saat Wajib Pajak terbukti melaporkan
Surat Pemberitahuan Pajak secara salah atau tidak benar maka harus ada
penyidikan yang dilakukan oleh Kantor Dirjen Pajak untuk membuktikan adanya
kesalahan pada penerbitan SPT. Setelah adanya penyelidikan baru diputuskan
berapa pajak yang kurang dibayar beserta jumlah pajak yang harus dibayar dengan
ditambah sanksi administrasi berupa denda dengan diterbitkannya Surat
Keterangan Pajak Kurang Bayar (SKPKB). Pada poin nomor satu jelas tertera bahwa
pajak yang terutang oleh Paulus menciut tanpa adanya penyidikan terlebih
dahulu. Ini berarti berupakan pelanggaran terhadap pasal Pasal 13 ayat 1(a)
yang berisi: dalam jangka waktu lima tahun setelah saat terutangnya pajak atau
berakhirnya masa pajak, bagian tahun pajak, atau tahun pajak, Direktur Jendral
Pajak dapat menerbitkan SKPKB apabila berdasarkan hasil pemeriksaan atau
keterangan lain pajak yang terutang tidak atau kurang dibayar.
2. Kasus yang sudah P-21 (sudah selesai
disidik) dan tinggal dilanjutkan ke tingkat penuntutan, tiba – tiba dihentikan,
dan dinyatakan selesai.
3. Paulus dibebaskan berkaitan dengan adanya
surat Menteri Keuangan No.SR-173/MK.03/2006 tertanggal 16 Oktober 2006 yang
menyatakan bahwa:
1.Paulus Tumewu dikenakan Surat Ketetapan
Pajak (SKP) kekurangan pembayaran PPh tahun 2004 sebesar Rp 7.994.617.750,00.
Terhadap kekurangan utang pajak tersebut telah dilunasi tanggal 28 Nopember
2005.
2. Kedua, penyidikan kasus diatas telah
lengkap (P-21), dengan demikian proses penyidikan telah selesai konsekwensi
Paulus membayar tunggakan pajak besertadendanya.
Kalau menilik lebih lanjut terhadap proses
penghentian penyidiakan, berarti Paulus Tumewu menggunakan pasal 44 B ayat 1 UU
Pajak yang menyatakan bahwa untuk kepentingan negara, atas permintaan menteri
keuangan, Jaksa Agung dapat menghentian penyidikan tindak pidana di bidang
perpajakan.Padahal menurut Ketentuan UU KUP Pasal 44 ayat (2) penghentian
penyidikan sepenuhnya berada di tangan Kejaksaan Agung, dan hanya dapat
dilakukan setelah yang bersangkutan melunasi denda sebesar empat kali pajak
yang tidak atau kurang dibayar. Jadi, mestinya tidak ada penghentian penyidikan
dan harus beralih menjadi penuntutan dan karena itu Pasal 44B UU KUP tidak lagi
bisa berlaku. Dan ini juga diakui Sekjen Depkeu dalam nota dinas No.
ND-594/SJ/2006
Jakarta – Komisi III DPR RI membongkar lagi
penghentian kasus perpajakan Paulus Tumewu, bos Ramayana Group, yang juga
melibatkan campur tangan Menkeu Sri Mulyani. Paulus yang disebut-sebut sebagai
adik ipar Edi Tansil itu hanya bayar Pajak Penghasilan (PPh) 2004 sebesar
Rp7,999 miliar dari dugaan tanggungan Rp 399 miliar.
Langkah ini dilakukan menyusul pengaduan
Asosiasi Pembayar Pajak Indonesia (APPI) kepada Komisi III DPR di Gedung
Parlemen Jakarta, Selasa (20/4).
Anggota Komisi Hukum DPR, Ahmad Yani,
menyatakan segara memanggil pihak-pihak terkait kasus ini. Antara lain
kejaksaan, penyidik Benato Priyatno, Mantan Dirjen Pajak Hadi Purnomo dan
Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, serta Marsilam Simanjuntak. ’’Semua kita
panggil. Kita akan rumuskan dalam waktu dekat ini,’’ ujar Yani di Gedung
Parlemen Jakarta.
APPI dalam pengaduannya mengatakan, Menkeu
Sri Mulyani pernah memberikan disposisi kepada Kejaksaan Agung (Kejakgung)
untuk menghentikan kasus pajak Paulus Tumewu, komisaris utama PT Ramayana
Lestari Sentosa yang membawahi Ramayana dan Robinson Dep. Store.
Pada 31 Agustus 2005, Paulus ditangkap Polri
bersama Ditjen Pajak karena diduga sengaja mengecilkan omzet Ramayana dan tidak
mengisi Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) dengan benar. Kerugian negara dari
tidak dibayarnya Pajak Penghasilan (PPh) 2004 dengan benar itu sebesar Rp 399
miliar.
Sekjen APPI Sasmito Hadinagoro di hadapan
Komisi III DPR mengatakan, penyidikan kasus itu sudah P21 (lengkap). Ketentuan
menyatakan, Paulus harus didenda 4 kali dari Rp7,994 miliar. Namun Paulus
Tumewu tidak membayar 4 kali, melainkan hanya Rp7,994 miliar saja.
Penasihat APPI Ichsanudin Noorsy menjelaskan,
Paulus mempunyai omset penjualan kena pajak yang diduga sebesar Rp1,5 triliun.
Sehingga beban pajaknya sekitar Rp399 miliar. Namun entah kenapa hanya Rp7,994
miliar yang menjadi beban pajaknya.
’’Kejaksaan menyatakan sudah dibayar Rp7,999
miliar dan dibayar 4 kali. Artinya tidak cocok dengan omset pajak. Mana Surat
Ketetapan Pajak (SKP) yang menyatakan dia cukup bayar Rp7,999 miliar. Itu kata
kuncinya,’’ kata pengamat politik ini.
Dia melanjutkan, setelah terjadi pembayaran
dari Paulus Tumewu, terjadilah surat menyurat permintaan penghentian kasus itu
oleh Paulus sendiri. Pada 19 Oktober 2006 terdapat surat dari Jaksa Agung Abdul
Rahman Saleh kepada Menkeu. Isinya menanggapi surat Menkeu SR-173/MK./03/06
tertanggal 1 Oktober 2006 terkait penghentian penyidikan wajib pajak atas nama
Paulus Tumewu.
Surat itu menyatakan Jaksa Agung setuju
menghentikan penyidikan kasus pajak Paulus Tumewu atas perintah Menkeu. Jaksa
Agung saat itu memberikan beberapa syarat, apabila penyelesaian sanksi
administrasi berupa denda sebesar empat kali jumlah pajak yang tidak atau
kurang dibayar telah dilunasi oleh wajib pajak bersangkutan, hendaknya
dilaporkan ke kejaksaan untuk proses berikutnya.
Artinya, tambah Ichsanudin, sampai 19 Oktober
2006, Jaksa Agung tak mau menghentikan penyidikan. Pada 31 Oktober 2006
keluarlah surat dari JB Kristiadi atas nama Menkeu yang menyatakan Paulus telah
melunasi seluruh kewajibannya. Paulus hanya membayar pada 28 November 2005,
pokok pajaknya saja senilai Rp7,994 miliar.
’’Dasar kejaksaan menghentikan kasus Paulus
adalah atas permintaan Menkeu setelah berbagai pembahasan oleh biro hukum di
Perpajakan,’’ imbuh Ichsanudin.
Sasmito berharap DPR betul-betul mengusut big
fish (ikan besar) di balik mafia pajak. ’’Sehubungan perintah Bapak SBY juga
kepada satgas mafia hukum, agar satgas bisa mengungkap atau menangkap big fish,
kami pun mengungkapnya. Juga terkait kongkalikong di bidang perpajakan ini,’’
tandasnya.
Menurut Sasmito, tindakannya membongkar kasus
tersebut karena penerimaan pajak menopang lebih dari 60% APBN Indonesia. ’’Di
APBN 2010 lebih dari Rp600 triliun diharapkan masuk dari pajak,’’ ujarnya.
Apalagi Paulus termasuk orang kaya di
Indonesia. Pada 2009 menempati urutan ke-15 dari daftar 40 orang terkaya di
Indonesia. Tahun ini, pengusaha retail itu berada di urutan ke-28 dengan total
kekayaan 190 juta dollar AS (lebih dari Rp 171,38 miliar).
Kasus Pajak Paulus Tumewu
31 Agustus 2005:
Paulus Tumewu ditangkap Polri dan Ditjen
Pajak. Dia diduga sengaja mengecilkan omzet Ramayana dan tak mengisi Surat
Pemberitahuan Pajak (SPT) dengan benar.
Paulus diduga punya omzet kena pajak sebesar
Rp1,5 triliun sehingga beban PPh pada 2004 sebesar Rp399 miliar. Kasus telah
diproses hingga P21 (lengkap) dan Paulus didenda 4 kali Rp7,994 miliar
1 Oktober 2006:
Menkeu mengeluarkan SR-173/MK./03/06 kepada
Jaksa Agung, mengajukan penghentian kasus pajak Paulus.
19 Oktober 2006:
Jaksa Agung menanggapi surat Menkeu,
menyetujui penghentian kasus. Namun, Paulus harus tetap penuhi kewajiban bayar
4 kali Rp7,994 miliar.
31 Oktober 2006:
Keluar surat dari JB Kristiadi atas nama
Menkeu yang menyatakan Paulus telah melunasi seluruh kewajibannya. Paulus hanya
bayar pokok pajaknya Rp7,994 miliar pada 28 November 2005.
Sumber: Asosiasi Pembayar Pajak Indonesia
(APPI)
Paulus Orang Terkaya:
2009: Urutan ke-15 dari daftar 40 orang
terkaya di Indonesia.
2010: Urutan ke-28 dengan total kekayaan 190
juta dollar AS (sekitar 1,748 triliun).